Skip to main content

DENDENG BALADO




Dendeng Balado 

Haloha... 
Beberapa hari yang lalu, saya rindu dengan masakan kampung halaman. Yup, terlahir dari kelurga berdarah minang, makanan yang berbahan cabai menu wajib yang harus ada saat makan.  


Nah, kali ini saya coba membuat Resep Dendeng Balado ( Dendeng Cabe Merah ) versi saya. 
Ada beberapa macam jenis dendeng. Ada dendeng Kering, Dendeng Bakar, Dendeng lambok. Cabai yang digunakan pun ada dua; cabai merah atau cabai hijau. Tergantung selera..



Bahan : 

Daging Sapi ................................................1/4 Kg.potong tipis
Cabe Merah .................................................15 Batang ( Sesuai Selera ) 
Bawang Merah .............................................7 Siung
Bawang Putih ...............................................6 Siung
Asam Jawa ..................................................Secukupnya
Ketumbar ....................................................Secukupnya
Garam ........................................................Secukupnya
Air ..............................................................Secukupnya
Minyak Goreng .............................................Secukupnya


Cara Membuat : 

Tahap 1 :

- Cuci Daging hingga bersih sampai darahnya tidak ada lagi. 
- 3 Siung bawang putih di geprek 

Masukkan daging yang telah dicuci bersama bawang putih, ketumbar secukupnya, garam secukupnya dan air kemudian rebus sampai sekitar 15 menit. Ini dimaksudkan agar daging tidak berbau amis dan tekstur dagingnya lembut saat dimakan. 

Setelah daging masak, tiriskan daging agar kering dari air rebusan. Kemudian, daging yang telah ditiriskan dipukul dengan menggunakan batu gilingan agar tipis. Pukul pelan pelan daging agar tekstur dagingnya tidak hancur saat digoreng. 

Giling 3 siung bawang putih dan ketumbar sampai Halus. Setelah bumbu halus tambahkan air secukupnya. Masukan daging yang telah dipukul pipih tadi kedalam bumbu. Diamkan sampai sekitar 10 menit agar bumbunya meresap kedalam. 

Panaskan Minyak Secukupnya. Jika minyak mulai panas, goreng daging yang telah didiamkan tadi sampai warnanya kecoklatan. Jika daging mulai Kecoklatan angkat lalu tiriskan.

* bagi yang suka daging yang lebih kering, bisa menggorengnya dengan dua kali. Penggorengan yang kedua diusahakan dengan menggunakan minyak yang sangat panas dan digoreng hanya sebentar saja. 


Tahap 2  ( Untuk Cabai ) :


- Cuci Bawang Merah dan Cabai Sampai Bersih 
- Giling cabai merah terlebih dahulu. Usahakan giling jangan terlalu halus Karena untuk dendeng cabenya kasar saja. 
- Kemudian masukkan bawang dan giling sampai halus. 
- Asam Jawa yang dilarutkan diair 

Panaskan minyak secukupnya. Jika minyak sudah mulai panas masukkan cabai dan bawang merah yang telah digiling. Dengan menggunakan api yang sedang aduk- aduk cabai agar tidak lengket. Masukkan garam sesuai selera dan air asam jawa secukupnya, aduk sampai cabai masak. 

Jika cabai sudah mulai masak, dinginkan sekitar 5 menit. Masukkan daging yang telah digoreng tadi aduk sampai merata dengan cabai. Dendeng Balado siap disajikan dan siap disantap. 

Dendeng Balado enak dinikmati dengan nasi panas, selamat menikmati  ðŸ˜ƒ


PS :
Bagi yang ingin menambahkan penyedap makanan boleh kok. Kebetulan saya kurang suka menggunakan penyedap makanan 









Comments

  1. Saya suka dendeng balado. Apalagi balado cabai merah!

    ReplyDelete
  2. lihat dendeg balado jadi pengen makan

    ReplyDelete
  3. Thanks resepnya uni.... Saya suka bikin dendeng basah dan dagingnya beli di pasar yg udah diiris tipis utk dendeng.

    ReplyDelete
  4. Salah satu makanan favoritku niih...

    ReplyDelete
  5. Duh jadi laper, ini makanan favoritku juga.

    ReplyDelete
  6. Duh bahaya banget nih, aku lagi nunggu buka puasa dan disuguhi dendeng balado di postingan ini :)))

    ReplyDelete
  7. order minimal berapa porsi mbak ira ??wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Dendeng Balado, ondeh mak, taragak pulo ha. Wak telpon amak wak dulu, bia nyo masak an Dendeng Balado (pakai gulo stek, bia ado raso manih-manihnyo)....

    Hahahaha.....

    ReplyDelete
  9. duh jadi lavarrrr, Dendeng balado paporit Babang banget ini

    ReplyDelete
  10. Deng deng deng. Deng deng deng.
    Ternyata dendeng sudah mendunia, sampai musik jg memakai kata2 deng deng deng. Nais inpo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Gulai Keladi

Gulai Keladi Banyak Anak siap disantap Talas / keladi sering kita jumpai dan nikmati dalam kehidupan sehari - hari. Tumbuhan berkarbohidrat ini termasuk dalam jenis umbi - umbian. Umbi yang bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus maupun digoreng memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak diantaranya; zat besi, kalsium, protein, vitamin B dan air.  Memperlancar pencernaan, menogabati bisul dan menyehatkan gigi adalah sekian dari beberapa manfaat keladi / talas yang masih dipandang makanan sebelah mata oleh sebagian orang.  Nah, kali ini saya mencoba mengolah keladi dengan cara yang berbeda dari lainnya. Keladi yang saya gunakan adalah keladi banyak anak ( dikampung saya namanya ini ). Batang yang bercabang banyak dan berukuran lebih kecil dari keladi pada umumnya makanya disebut keladi banyak anak. Rasanya yang manis, gurih dan lembut cocok disajikan bersama nasi hangat.  Di Pariaman asal kampung saya, keladi ini banyak kita jumpai di pasar traditi

Merajut Mimpi di dalam Do'a

Sore ini, hujan kembali turun. Tetesan air yang terbawa angin membasuhi wajahku berkali – kali seolah – olah membohongi mataku yang tak lagi tahan ingin menangis sejadi – jadinya. Kata orang, hujan   adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Tida bosan dan lelah aku terus mengulang – ngulang apa yang aku pinta sembari pasrah dan ikhlas. Satu yang aku yakini, Allah memberikan yang terbaik untuk hambaNya. Suara petir diatas langit menambah rasa cemasku untuk menantikan hari esok. Besok adalah hari terakhir pengurusuan data ( tambahan ) dari siswa undangan yang terpilih ke Universitas Indonesia. Tiga minggu yang lalu sejak penguman di sampaikan, tinggal aku yang belum menyerahkan. Sejak tahu aku lulus di UI Orang tuaku merasa bahagia yang mungkin tak bisa aku jelaskan.   Rasa bangga tampak jelas dari raut wajah kedua orang tuaku yang sudah tidak muda lagi. Ayah dan ibuku seorang petani, aku memiliki dua adik perempuan yang masih duduk dibangku SMP. Atika kelas 1 dan Ra

DANAU MANINJAU NAN MEMPESONA

Jika kita mendengar Sumatera Barat yang terbesik dikepala adalah makanannya, budayanya dan pemandangan alamnya. Yup, jalan jalan keranah minang gak afdol rasanya jika kita tidak pergi untuk berwisata. Banyak sekali pemandangan alamnya yang masih asri. Salah satunya danau yang tersohor namanya sampai ke manca negara Danau Maninjau.  Danau Maninjau merupakan Danau vulkanik yang memiliki Luas permukaan sekitar 99,5 Km 2 dengan ketinggian 461,50 Meter diatas permukaan laut. Danau maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 36 Km dari Kota Bukittinggi. Jika kita berangkat dari kota Bukittinggi, sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan alam yang membuat takjub. Sawah hijau yang melintang luas, disebelah kiri terdapat Gunung Singgalang ( jalan dari Bukittinggi menuju Koto Tuo ) dan udara yang sangat sejuk. Tiada henti kita  memuji Ciptaan Sang khalik…. Sebelum tiba di Danau Maninjaunya, kita dapat mel