Skip to main content

Pantai Lampuuk, Keindahan tersembunyi diujung Barat Sumatera

Putihnya pasir Pantai Lampuuk

Berjarak kurang lebih 20 Km dari Kota Banda Aceh kita dapat menjumpai Pantai bersih dan cantik ini. Ya, Pantai berpasir Putih dengan suguhan pemandangan deretan gunung didepannya bernama Pantai Lampuuk. Bertempat di Desa Meunasah Mesjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar menjadi salah satu saksi bisu keganasan gelombang Tsunami 2004 lalu. Hampir separuh warganya habis terseret gelombang, salah satunya teman sekolah saya ketika duduk dibangku menengah pertama. Saat Tsunami terjadi pantai ini termasuk kawasan bencana yang parah. Kondisinya yang porak poranda, Pohon - pohon berjejer rapih di pinggir daratan habis disapu bersih oleh gelombang Tsunami. ini kali kedua saya berkunjung kepantai ini pasca tsunami sejak saya meninggalkan Banda Aceh Tahun 2003 yang lalu.  



Jalur yang menghubungkan Banda Aceh dengan Calang ini sekarang sudah mulai bangkit kembali dari bencana. Terbukti, minat wisatawan lokal maupun luar mulai berdatangan. Jujur, Banda Aceh terlihat lebih bagus dan maju dari dahulu ketika saya masih tinggal dikota ini. Struktur Kota yang semakin Rapih, teratur dan bersih membuat saya speechless dan sedikit lupa karena banyak pembangunan - pembangunan yang baru. 


Pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia ini memiliki Pohon Pohon Pinus yang bewarna Hijau, air laut yang seolah memiliki tiga warna saat terlihat dari kejahuan ( Biru Tua, Tosca, dan biru muda ) menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Dengan ditemani satu buah kelapa muda dan satu gelas esbatu menjadi perpaduan yang komplit sebari saya menunggu ikan bakar yang hampir masak. Yup, Kios - kios disepanjang pinggir pantai ini berlomba lomba menawarkan sajian makanannya. Hampir keseluruhan kios disini menjual Ikan Bakar, Jagung Bakar dan lain lain. Mulai dari ikan grapu, ikan kakap, ikan bawal, udang, cumi - cumi semuanya ada. Harga nya pun berbeda - beda tergantung menu apa yang kita pilih. Jangan Kwatir, harga disini masih sangat terjangkau dan dijamin ikan yang disajikan semuanya masih Fresh. Tak heran, jika musim liburan tiba dan weekends tempat ini padat dikunjungi wisatawan. 



Pohon Pinus yang terlihat berjejer di tepi daratan




salah seorang pengunjung sedang menikmati indahnya Pantai Lampuuk 
Aaaaaak.... dari jauh terdengar teriakkan dari tengah laut. Dengan seragam pelampung bewarna orange yang dipakai, mereka asyik menikmati permainan Banana Boat. Bagi yang ingin bermain dengan ban, kita bisa memilih ban mana yang mau kita sewa. Dari yang berukuran kecil sampai yang besar, harganya pun beraneka ragam tergantung ukuran ban yang ingin kita gunakan.


Pengujung Sedang Menikmati Pantai 



                                                                
Matahari semakin lama semakin turun, seolah senja tak sabar ingin menunjukkan rupanya. Tapi, pengunjung pantai semakin ramai datang kesini. Katanya, Sunset dipantai ini terkenal indah. Sayang saya tidak bisa menyaksikan keindahannya saat tenggelam karena harus berangkat malam ini juga menuju kota kelahiran saya. Semoga dilain kesempatan saya bisa menyaksikan Sunset dipantai ini. 




Comments

  1. Cantiknya ya Mbak pantainya.... kapanlah saya bisa ke Aceh ya... gak pernah kesampaian ke sana....

    ReplyDelete
  2. Ikan grapu tu keq mana ira? Penasaran liat namany yg unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan grapu itu manis kak daginggnya... memang cocok kalo dibakar. walaupun bntuknya gak kurang cantek hehe. ira gak tau bahasa indonesianya apa. klo diaceh namanya itu

      Delete
  3. ah kmrn ke aceh ngga sempet mampir ke sni lho , pengen ke aceh lagi
    ;d

    ReplyDelete
  4. Pantainya keren banget, jadi pengen ke Aceh ^-^.

    ReplyDelete
  5. saya beruntung bisa menyaksikan sunset yang luar biasa indahnya disini... Keindahan Alam Aceh memang luar biasa

    ReplyDelete
  6. aceh aceh pengen banget kesana

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget pantai nya, jadi pingin lihat sunset disana hehehe

    ReplyDelete
  8. Pantainya cantik, namanya unik.. sekilas tadi bacanya Lampuk (keinget lempok durian! Lagi laper nih agaknya saya).

    ReplyDelete
  9. Pantai aceh dengan pasir putihnya. keceh.

    ReplyDelete
  10. wah cantiknya pantai di sini. Belum pernah menjelajah ke Sumatera :D

    ReplyDelete
  11. Selain pantainya kelihatan cantik, namanya juga unik ya. "Pantai Lampuuk"... :D

    ReplyDelete
  12. udah ada plan mau ke aceh, tapi pas mau pergi malah bentrok sama kerjaan

    ReplyDelete
  13. Sering dengar cerita indahnya pantai ini. Tapi gak sempat berkunjung waktu ke Aceh :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Gulai Keladi

Gulai Keladi Banyak Anak siap disantap Talas / keladi sering kita jumpai dan nikmati dalam kehidupan sehari - hari. Tumbuhan berkarbohidrat ini termasuk dalam jenis umbi - umbian. Umbi yang bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus maupun digoreng memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak diantaranya; zat besi, kalsium, protein, vitamin B dan air.  Memperlancar pencernaan, menogabati bisul dan menyehatkan gigi adalah sekian dari beberapa manfaat keladi / talas yang masih dipandang makanan sebelah mata oleh sebagian orang.  Nah, kali ini saya mencoba mengolah keladi dengan cara yang berbeda dari lainnya. Keladi yang saya gunakan adalah keladi banyak anak ( dikampung saya namanya ini ). Batang yang bercabang banyak dan berukuran lebih kecil dari keladi pada umumnya makanya disebut keladi banyak anak. Rasanya yang manis, gurih dan lembut cocok disajikan bersama nasi hangat.  Di Pariaman asal kampung saya, keladi ini banyak kita jumpai di pasar traditi

Merajut Mimpi di dalam Do'a

Sore ini, hujan kembali turun. Tetesan air yang terbawa angin membasuhi wajahku berkali – kali seolah – olah membohongi mataku yang tak lagi tahan ingin menangis sejadi – jadinya. Kata orang, hujan   adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Tida bosan dan lelah aku terus mengulang – ngulang apa yang aku pinta sembari pasrah dan ikhlas. Satu yang aku yakini, Allah memberikan yang terbaik untuk hambaNya. Suara petir diatas langit menambah rasa cemasku untuk menantikan hari esok. Besok adalah hari terakhir pengurusuan data ( tambahan ) dari siswa undangan yang terpilih ke Universitas Indonesia. Tiga minggu yang lalu sejak penguman di sampaikan, tinggal aku yang belum menyerahkan. Sejak tahu aku lulus di UI Orang tuaku merasa bahagia yang mungkin tak bisa aku jelaskan.   Rasa bangga tampak jelas dari raut wajah kedua orang tuaku yang sudah tidak muda lagi. Ayah dan ibuku seorang petani, aku memiliki dua adik perempuan yang masih duduk dibangku SMP. Atika kelas 1 dan Ra

DANAU MANINJAU NAN MEMPESONA

Jika kita mendengar Sumatera Barat yang terbesik dikepala adalah makanannya, budayanya dan pemandangan alamnya. Yup, jalan jalan keranah minang gak afdol rasanya jika kita tidak pergi untuk berwisata. Banyak sekali pemandangan alamnya yang masih asri. Salah satunya danau yang tersohor namanya sampai ke manca negara Danau Maninjau.  Danau Maninjau merupakan Danau vulkanik yang memiliki Luas permukaan sekitar 99,5 Km 2 dengan ketinggian 461,50 Meter diatas permukaan laut. Danau maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 36 Km dari Kota Bukittinggi. Jika kita berangkat dari kota Bukittinggi, sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan alam yang membuat takjub. Sawah hijau yang melintang luas, disebelah kiri terdapat Gunung Singgalang ( jalan dari Bukittinggi menuju Koto Tuo ) dan udara yang sangat sejuk. Tiada henti kita  memuji Ciptaan Sang khalik…. Sebelum tiba di Danau Maninjaunya, kita dapat mel